resep kue lapis tepung beras

Resep Kue Basah Tradisional: Resep Kue Lapis Tepung Beras

Keberadaan kue tradisional semakin lama memang mulai tergeserdengan jajanan masa kini, apalagi sudah menjadi salah satu kebiasaan bagimasyarakat juga yang selalu penasaran untuk mencoba menu makanan baru yangsedang ngetrend. Padahal jika dibandingkan dengan jajanan tradisional rasanyatak kalah enak, bahkan bisa dikatakan harga dari kue-kue tradisional tersebutjauh lebih terjangkau. Hanya saja sekarang ini agak sulit mendapatkannya dipasaran. Seperti diantaranya kue lapis tepung beras. Namun jangan khawatir karena tetap ada resep kue lapis tepung beras yang bisa dicoba untuk dibuat sendiri di rumah. 

Sajian ini pas sekali untuk dijadikan sebagai suguhan ketika tengah mengadakan acara seperti hajatan ataupun juga arisan. Banyak resep kue basah tradisional nikmat yang agaknya mudah untuk dibuat sendiri di rumah. Salah satu diantaranya adalah kue lapis tepung beras. Tentunya banyak yang sudah mengenal makanan yang satu ini. seperti namanya kue lapis ini memang memiliki tampilan yang berlapis-lapis dari beberapa warna sehingga tampak begitu menarik, rasanya juga tidak kalah dengan lapis bolu yang sudah sering dimakan. 

Hanya saja bedanya jenis lapis yang satu ini memiliki tekstur yang lebih basah dan juga kenyal, rasanya yang nikmat membuat banyak orang ketagihan untuk mencobanya. Berbicara mengenai kue lapis tepung beras ini sendiri umumnya banyak sekali yang agak kesulitan dalam membuatnya, karena selain adonannya yang berlapis-lapis, tak jarang mereka yang membuat juga gagal, rasanya kurang nikmat, bahkan dari segi bentuknya juga tidak menarik. Untuk itulah maka perhatikan beberapa hal ini dalam pembuatan kue lapis tepung beras tersebut agar hasilnya sempurna dengan rasa yang nikmat, yaitu: 

  1. Perhatikan takaran bahan yang dipakai dalam pembuatan, kunci utama mendapatkan rasa kue yang nikmat tak lain adalah komposisi bahan yang digunakan, hendaknya harus menyesuaikan dengan takaran yang tepat, karena jika salah satu bahan takarannya terlalu tinggi, sedangkan yang lainya kurang maka akan mempengaruhi rasa, adonan juga tidak bisa terbentuk dnegan sempurna.
  2. Gunakan santan, beberapa orang melakukan modifikasi lapis beras tanpa memakai santan, memang pada dasarnya akan berhasil dibuat, namun jika berbicara mengenai rasanya tentu tidak seenak kua lapis beras yang ditambahkan dengan santan dalam adonan tersebut. Karena santan ini akan memberikan cita rasa yang lebih gurih dan juga aroma lebih nikmat.
  3. Gunakan daun pandan, daun pandan suji ini digunakan sebagai pengganti aroma atau essens, dengan menggunakan daun pandan maka aroma dari kue lapis beras akan menjadi jauh lebih wangi dibandingkan dengan yang tidak atau menggantinya dengan essens yang banyak dijual di pasaran.
  4. Pastikan untuk menggunakan tepung beras yang kualitasnya bagus, sering kali beberapa orang mengandalkan tepung beras mereka sendiri yang digiling, meskipun kualitas berasnya bagus, namun rasanya akan berbeda dibandingkan dengan tepung beras siap pakai yang dijual di pasaran.
  5. Pastikan bahwa tempat mengukus sudah dalam kondisi yang panas terlebih dahulu sebelum digunakan, juga jangan lupa mebgolesi loyang dengan margarin, sehingga nantinya adonan kue tersebut tidak akan lengket di dalam loyang, juga mudah untuk diangkat. Kesalahan yang sering kali dilakukan adalah tidak memastikan kondisi kukusan panas merata, artinya setelah dinyalakan dan sebelum air mendidih adonan buru-buru dimasak, hal ini hanya akan membuat kue tidak matang merata, hasilnya kurang bagus.
Baca Juga :  Ayam Geprek, Olahan Ayam Goreng