bumbu masak ayam

Resep Menggoda Bumbu Masak Ayam Sederhana dan Praktis

Suka makanan berkuah? Atau suka makanan bersantan? Tidak perlu memasak beberapa jenis makanan untuk menyantapnya. Lalu, apa yang harus dimakan jika ingin menikmati makanan berkuah tapi juga mengandung santan? Anda cukup membuat kari. Kari yang akan kuah dan mengandung santan sudah cukup untuk memenuhi keinginan Anda. Kari merupakan makanan yang berasal dari Negara india dan telah meluas ke seluruh negara lainnya. Tidak hanya menyebar di Negara Asia, tetapi juga tersebar ke wilayah Eropa. Kari terdiri dari beragam bumbu dan rempah-rempah yang membuat citra rasa kari ini menjadi ciri khas tersendiri, untuk rasa yang paling terasa adalah rasa tajam dan pedas yang berasal dari rempah-rempah. Untuk setiap negara, biasanya menambahkan rempah-rempah dan bahan utama yang berbeda. Seperti di Thailand yang menjadikan ikan atau cumi-cumi sebagai bahan utamanya. Di Negara lainnya ada yang menambahkan bumbu seperti bawang bombay, kapulaga, kayu manis, air bunga mawar, dan ada juga yang memakai jintan. Tapi, kali ini yang akan kita jadikan bahan utama adalah ayam. Jadi, kita akan membuat racikan bumbu kari ayam khas Indonesia terlebih dahulu, mungkin saja sajian Anda kali ini akan menjadi menu istimewa di rumah Anda.

Anda tidak perlu cemas karena cara membuatnya sangatlah mudah. Hal terpenting sebelum memulai adalah Anda mengetahui bumbu masak ayam yang akan diolah lebih lanjut menjadi kari. Sebelum memasak, Anda perlu menyiapkan beberapa bahan dan bumbu dapur untuk memasak. Untuk membuat kari ayam, tentu saja Anda perlu menyiapkan daging ayam yang sudah dipotong, siapkan juga lengkuas, kayu manis, kapulaga, cengkeh, bunga lawang, santan, jeruk nipis, daun salam, daun jeruk, serai, air, dan santan. Siapkan juga bumbu kari yang sudah dihaluskan. Apa saja yang harus dihaluskan? Bawang putih, bawang merah, merica bubuk, kemiri, cabe merah yang sudha dibuang bijinya, jinten, garam, kunyit, jahe, gula pasir, dan ketumbar.

Baca Juga :  5 Macam Microwave Sharp Low Watt Yang Memudahkan Anda

Sebelum mengolah ayam, Anda perlu mencuci terlebih dahulu ayam tersebut hingga bersih, kemudian lumuri dengan air perasan jeruk nipis. Diamkan beberapa menit dan setelah itu goreng setengah matang. Lalu, masukkan cengkeh, bunga lawang, kayu manis, dan kapulaga ke dalam wajan untuk ditumis hingga tercium aroma yang wangi. Jika sudah wangi, tambahkan bumbu yang sudah dihaluskan, daun jeruk, serai, lengkuas, dan daun salam. Tunggu bumbu yang ditumis tadi hingga matang, setelah itu Anda dapat memasukkan daging ayam yang sudah digoreng setengah matang terlebih dahulu, aduk dengan bumbu tumis sampai merata. Lalu, jangan lupa tambahkan air hingga mendidih.

Jangan lupa untuk memasukkan resep rahasia dari kari yaitu santan, tuang sedikit demi sedikit sambil diaduk secara merata. Jika sudah mengental, Anda dapat mengangkatnya. Sebagai tambahan, Anda juga dapat menambahkan acar sebagai pelengkap. Untuk membuat acar, Anda hanya membutuhkan cabe rawit hijau, timun, wortel yang dpotong kecil, timun yang sudah dibuang bijinya dan dipotong berbentuk kotak-kotak kecil, kemudian Anda juga akan memerlukan air matang, garam, gula pasir, dan cuka makan secukupnya. Semua bahan untuk membuat acar dicampurkan menjadi satu, pastikan garam dan gula larut dengan acar, lalu diamkan selama kurang lebih 30 menit agar cuka yang diberikan dapat meresap. Untuk rekomendasi, diamkan acar di dalam lemari pendingin.

Sudah selesai tahapan membuat bumbu masak ayam dalam menu kari. Siap untuk mencoba?