aneka olahan daging sapi

7 Aneka Olahan Daging Sapi

Masakan Minang atau yang lebih dikenal sebagai masakan Padang memang sudah kadung terkenal kelezatannya di seantero nusantara. Bahkan hingga ke luar negeri dimana Rendang dinobatkan sebagai salah satu masakan terenak di dunia. Citarasa pedas yang kaya rempah agaknya menjadi salah satu alasan mengapa kuliner Minang begitu menggugah selera. Nyatanya kuliner tersebut bahkan dapat dikreasikan menjadi beragam masakan dari satu bahan dasar yang sam. Misalnya seperti aneka olahan daging sapi. Mari kita simak beberapa olahannya:

  • Randang Dagiang

Randang dagiang adalah salah satu masakan yang dibuat dari daging sapi, dan dicampur bersama santan serta bumbu-bumbu lainnya. Proses memasak rendang membutuhkan waktu berjam-jam hingga menghasilkan perpaduan citarasa antara pedas dan gurih. Rendang sangat pas disajikan sambil menyantap nasi hangat, serta selalu ada di setiap acara adat.

  • Kalio Dagiang

Proses memasak serta bumbu-bumbu dalam mengolah Kalio dagiang mirip dengan rendang. Daging juga dimasak cukup lama (walaupun tidak selama ketika memasak rendang) agar menghasilkan tekstur yang empuk dan bumbupun dapat meresap sampai ke dalam. Perbedaan signifikan dari rendang dan kalio dapat dilihat dari hasil akhirnya, tepatnya pada warna dan tekstur kuah.

  • Dendeng Balado

Dendeng ini terbuat dari potongan daging sapi yag diiris tipis, kemudian dikeringkan atau dijemur, lalu digoreng dan diberi bumbu-bumbu tambahan. Tekstur akhir dari olahan ini adalah cripsy dengan citarasa yang pedas sesuai namanya ‘balado’. Olahan ini dapat disimpan dalam waktu yang cukup lama sehingga sering dijadikan sebagai oleh-oleh saat berpelesir ke Sumatera Barat.

  • Sampadeh Dagiang

Seperti namanya, Sampadeh, gulai ini bercitarasa asam, segar, dan pedas. Kunci masakan Sampadeh dagiang (Sampadeh = Asam Padeh) ini terletak pada bumbu rempah dan rasa pedas (padeh) yang akan dijadikan gulai. Kuahnya sendiri tidak kental, dan bertekstur ringan.

  • Gulai Tunjang

Disebut Gulai Tunjang karena menggunakan Tunjang atau kikil kaki sapi sebagai bahan bakunya. Gulai Tunjang biasanya disajikan bersama dengan ketupat (katupek), sehingga lazim dikenal sebagai Katupek Gulai Tunjang.

  • Soto Padang

Olahan ini dibuat dengan berbahan kaldu sapi dan irisan daging sapi yang sudah digoreng kering, lalu ditambah dengan bihun dan daun bawang. Penyajiannya dapat menggunakan tambahan perkedel kentang, taburan bawang goreng, dan kerupuk.

  • Sate Padang

Sate Padang ini khas dengan bumbu kuah kacang kental yang ditambah cabai yang cukup banyak sehingga rasanya pedas. Untuk penyajiannya, olahan ini biasanya akan diberi taburang bawang goreng sehingga aromanya menjadi begitu mengunggah selera.

Kemudian bisa juga diolah dengan resep kuah bakso sapi. Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan bakso, bukan? Bakso sapi dibuat dari perpaduan daging gling dan tepung, serta bumbu-bumbu tertentu yang dibentuk menjadi bulatan seperti bola. Bakso menjadi salah satu kuliner yang banyak difavoritkan oleh semua kalangan, karena rasanya lezat dan tidak membosankan. Bakso biasa disajikan dengan pelengkap sawi serta taoge, tahu bakso, yang kemudian disiram kuah panas dan ditambahkan taburan bawang goreng serta daun bawang. Bakso dimodifikasi menjadi banyak varian yang menggoda selera. Mulai dari bakso urat, bakso kikil, bakso puyuh, bakso beranak, dan masih banyak varian bakso lainnya. Tapi, apapun varian baksonya, tetap saja tidak akan sempurna jika kuahnya tidak sesuai harapan. Kuah bakso yang banyak difavoritkan adalah yang bening, tapi terasa gurih dan lezat kaldunya.  

 

Baca Juga :  Bolu Gulung: Cara Membuat Kue Lapis